Senin, 26 Oktober 2009

Sekilas Kabupaten Mimika

Kabupaten Mimika merupakan sebuah Kabupaten dengan luas sekitar 20.039 km² atau 4,75% dari luas wilayah Provinsi Papua dengan memiliki topografi dataran tinggi dan rendah. Kabupaten Mimika sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Paniani dan Puncak Jaya, sebelah Selatan Laut Arafuru, sebelah Timur Kabupaten Merauke dan sebelah Barat Kabupaten Fakfak. Kabupaten Mimika saat ini memiliki 12 Kecamatan yaitu Kecamatan Mimika Timur, Mimika Timur Tengah, Mimika Timur Jauh, Mimika Barat, Mimika Barat Tengah, Mimika Barat Jauh, Mimika Baru, Kuala Kencana, Tembagapura, Agimuga, Jila dan Jita.

Suku Amungme dan Kamoro

Kabupaten Mimika didiami oleh berbagai suku, namun dua diantaranya merupakan suku asli, yaitu suku Amungme yang mendiami wilayah pegunungan dan suku Kamoro yang mendiami wailayah pantai.

Wilayah Kabupaten Mimika

Kabupaten Mimika di terdiri dari 12 distrik yaitu:

  1. Mimika Timur
  2. Mimika Timur Tengah
  3. Mimika Timur Jauh
  4. Mimika Barat
  5. Mimika Barat Tengah
  6. Mimika Barat Jauh
  7. Mimika Baru
  8. Kuala Kencana
  9. Tembagapura
  10. Agimuga
  11. Jila
  12. Jita
BUPATI Mimika Periode 2009 - 2014 : Bpk. Klemen Tinal, SE,MM.
Motto Kabupaten : EME NEME YAUWARE (Bersatu Bersama Membangun)
Lagu Kebesaran Kabupaten : Eme Neme Yauware.

Amole !!

1 komentar:

  1. Timika, 01-05-2013
    Kepada
    Yth, BAPAK RAHMAN, DIREKTUR PERUSAHAN KERAKA DI WILAYAH ADAT SEMPAN TIMUR DAN ASMAT
    DI
    TEMPAT

    Dengan hormat,

    Berkaitan dengan operasi keraka di WILAYAH HAK ULAYAT SUKU KAMI ASMAT KHUSUSNYA DI KAMPONG YENI, maka saya atas nama pemilik dusun mewakili semua komponen rakyat setempat datang dengan membawa catatan operasi jual beli keraka. Kehadiran bapak bersama anak buah atas nama saudara BINTANG DAN EMPO warga telah terima dengan baik dalam rangka meningkatkan pendapatan ekonomi. Namun kenyataannya, rakyat bingung mo ke Rahman yang mana karena pake 2 nama dengan satu perusahan keraka. anak buah bilang ke Timika, setelah ke timika kami bingung harus mo kemana karena baku tolak. Kehadiran surat catatan ini berkaitan dengan kehadiran operasi bapak sejak tanggal 23-02-2011 sampai dengan tanggal surat ini disampaikan, bahwa bapak perlu membayar HAK DUSUN/HAK TANAH ADAT yang selama ini belum kami terima. Kami harap bapak boleh mengerti soal hak ulayat dan kami pun bertanggung jawab atas kelancaran operasi perusahan bapak.
    Terima kasih atas kerja sama yang baik, semoga upayah kita semua dapat berjalan baik.


    Atas nama,
    MASYARAKAT ADAT DAN SEKERTARIS PEMERINNGTAHAN KAMPUNG YENI
    ttd

    BAPAK, TARSISIUS JERPUNI

    komentar:
    1. kehadiran surat ini menguak satu fakta terselubung sikap pemerintah setempat atas setiap pengusaha yang tidak sejals seperti pak. RAHMAN PENGUSAHA KERAKA di wilayah adat suku KAMORO sampai dengan oerbatasan Asmat (Kampung Yeni).
    2. Keraka diambil secara besar-besaran, pasti besok generasi mendatang memaki-maki pemerintah dan orang tua karena habis dimakan manusia serakah
    3. tolong pikirkan secara baik, jangan menghancurkan rakyat takberdaya secara intelektual.

    BalasHapus